SEJARAH PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER
Pada tahun 2000 berdiri prodi sistem komputer dan teknik komputer. ditahun 2014 berdiri fakultas ilmu komputer pisah dari fakultas teknik dan di tahun 2017 berdiri prodi fakultas sains dan teknologi penggabungan dari 7 fakultas menjadi 4 fakultas Program Studi (PS) : Sistem Komputer Jurusan/Departemen : -
Fakultas : Ilmu Komputer
Perguruan Tinggi : Universitas Pembangunan Panca Budi
Nomor SK Pendirian PS (*) : 5639/D/T/K-2011 Tanggal SK pendirian PS : 23 AGUSTUS 2000 Pejabat Penandatangan
SK Pendirian PS : Satryo Soemantri Brojonegoro
Bulan & Tahun Dimulainya
Penyelenggaraan PS : September 2000
Nomor SK Izin Operasional (*) : 5639/D/T/K-2011
Tanggal SK Izin Operasional : 22 Februari 2011 Peringkat
(Nilai) Akreditasi Terakhir : B Nomor SK BAN-PT :
227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 Alamat PS : Jln. Jendral Gatot Subroto Km. 4,5 PO.BOX 1099 Medan –
20122 No. Telepon PS : 061-8455571 No. Faksimili PS : 061-4514808
VISI
Pada Tahun 2023 menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak yang berkarakter religius.
- Karakter Religius
Diterapkan dengan memulai doa pada setiap kegiatan seluruh sivitas akademika UNPAB baik setiap rapat, brefieng, dan kegiatan lainnya. Pada kegiatan PBM nilai religius diterapkan dengan memulai berdoa sebelum kegiatan PBM dan memaparkan poin dari 7 Nilai Dasar Yayasan. Antara lain tidak marah, tidak bergunjing, dan selalu berprasangka baik.
- Memiliki Kompetensi di bidang Sistem Kendali Komputer Diterapkan dengan mahasiswa mampu merakit dan mengimplementasikan sistem kendali komputer berbasis robotika, yang dapat memenuhi kebutuhan universitas dan stakeholder
- Memiliki Kompetensi di bidang Rekayasa Perangkat Lunak Diterapkan dengan mahasiswa mampu membangun aplikasi perangkat lunak baik berbasis desktop, website, andoroid dan machinthos, yang dapat memenuhi kebutuhan universitas dan stakeholder
- Memiliki Kompetensi di bidang Keamanan Jaringan Komputer Diterapkan dengan mahasiswa mampu menganalisis dan membangun jaringan LAN, WAN, yang dapat memenuhi kebutuhan universitas dan stakeholder
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi dalama menganalisi kebutuhan merancang dan mengimpleemntasikan Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak.
- Melaksanakan penelitian di bidang
Sistem Kendali Komputer , Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak yang kreatif dan inovatif.
- Melaksanakan pengabdian kepada
Masyarakat sesuai dengan kompetensi di bidang Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak.
TUJUAN
- Menyelenggarakan program studi yang dapat menghasilkan sarjana komputer yang profesional, cerdas, berbudi pekerti luhur dan berkepribadian Pancasila.
- Menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak.
- Mengembangkan kajian-kajian di bidang Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak bagi kemaslahatan umat.
- Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara mandiri, bekerja dalam tim dan memiliki jiwa kewirausahaan.
- Meningkatkan kualitas program studi melalui pelaksanaan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar Universitas Pembangunan Panca Budi.
- Menyiapkan Tenaga Akademik
(pengajar/peneliti) dalam bidang sistem komputer khususnya bidang Sistem Kendali Komputer, Keamanan Jaringan Komputer, dan Rekayasa Perangkat Lunak dan berkemampuan dalam melakukan desiminasi hasil penelitian menjadi publikasi ilmiah berupa buku referensi (buku ajar) dan/atau artikel baik secara lokal, nasional, maupun internasional, serta mampu membuat, menerapkan, dan mengembangkan inovasi keilmuan sistem komputer dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
PROFIL LULUSAN
Mampu Menguasi jaringan client-server, Mampu melakukan digital forensik, Mampu menganalisis keamanan sistem dan jaringan, Mampu menganalisis dan membangun jaringan dan sistem yang aman, Mampu melakukan pencegahan dari serangan terhadap sistem dan jaringan, Mampu melakukan network programming, Wirausaha bidang jaringan dan keamanan.
Menguasi jaringan client-server, Mampu melakukan digital forensik, Mampu menganalisis keamanan sistem dan jaringan, Mampu menganalisis dan membangun jaringan dan sistem yang aman, Mampu melakukan pencegahan dari serangan terhadap sistem dan jaringan, Mampu melakukan network programming, Wirausaha bidang jaringan dan keamanan.
Menguasai berbagai bahasa pemograman, mampu melakukan berbagai analisis kebutuhan, untuk membangun aplikasi yang berkualitas. Mampu mengembangkan perangkat lunak baik berbasis dekstop, web, maupun mobile mampu memanagement proyek perangkat lunak, menguasai database system administrator.
STAF PENGAJAR
Dosen tetap dan tidak tetap yang mengajar di prodi Sistem Komputer bergelar S2 berjumlah 75 Orang. Dosen tetap Sistem Komputer bergelar S3 1 Orang
KONSENTRASI DAN GELAR KELULUSAN
Konsentrasi Program Sistem Komputer :
RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
KJK (Keamanan Jaringan Komputer)
Robotika
Gelar lulusan seluruhnya :
Sarjana Komputer (S.KOM)
KEGIATAN HIMPUNAN MAHASISWA (IMAKOM)
Ø Kegiatan Perkuliahan yang diadakan di kelas
Ø Kegiatan Tugas kelompok perkuliahan di kelas
Ø Kelompok Minat Bakat Mahasiswa
Ø Kegiatan Tugas Kelompok perkuliahan di Laboratorium
Ø Penyusunan proposaldan pelaksanaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)
FASILITAS DAN PELAYAAN UNTUK MAHASISWA
- Bimbingan Konseling
- Minat dan Bakat Ektra Kurikuler
- Pembinaan Soft Skiil
- Beasiswa
- Kesehatan
- Bursa Kerja Online
- interner
1. Bantuan Biaya Pendidikan dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) – Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mahasiswa berprestasi dengan prasyarat IPK terbaik diberikan Beasiswa PPA, sementara kepada mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi yang baik diberikan Beasiswa BBP-PPA. Lama masa beasiswa diberikan selama 1 (satu) tahun.
2. Bidik Misi dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Mahasiswa baru yang kurang mampu mendapatkan Beasiswa Bidik Misi dan diberikan semlama masa perkuliahan 8 (delapan) semester.
3. Beasiswa prestasi, Minat dan Bakat dari Universitas Lama masa beasiswa ini diberikan satu kali selama masa perkuliahan. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa berdasarkan prestasi akademik (ranking kelas), minat dan bakat (bidang olahraga, seni, dll) yang didapat mahasiswa.
4. Beasiswa Bantuan Pendidikan Mahasiswa (BPM) dari Universitas Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu.
5. Beasiswa Desa Binaan Program Studi, beasiswa ini diberikan berdasarkan rekomendasi oleh program studi yang diperoleh dari program keberlanjutan desa binaan.
PEMBINAAN SOFTSKIL
pembinaan softskills, seluruh mahasiswa program studi sistem komputer wajib mengikuti minimal 4 (empat) kegiatan, yaitu:
Ø Pelatihan Manajemen Diri, menggali potensi diri.
Ø Pelatihan Motivasi, untuk menunjukkan prestasi yang lebih baik perlu dibangun motivasi diri.
Ø Melatih keterampilan komunikasi, agar tercipta komunikasi yang lebih baik dan ideal baik non-verbal maupun verbal.
Ø Pelatihan kepemimpinan, untuk menjadi pemimpin yang baik perlu pembentukan karaktek yang baik.
MINAT DAN BAKAT MAHASISWA
a. Kelompok minat Bahasa Inggris, dilakukan melalui kerjasama dengan lembaga belajar Bahasa Inggris Altissia. Setelah mengikuti pelatihan dan test verbal ini mahasiswa memiliki kemampuan berbahasa inggris yang secara umum dapat membantu mahasiswa memahami dan mengkomposisikan artikel berbahasa inggris.
b. Kelompok Seni dan Tari Mahasiswa, dilakukan melalui kumpulan mahasiswa pecinta seni dan teater.
c. Kelompok Software Develop, dilakukan oleh kelompok mahasiwa yang tidak hanya tergabung oleh ikatan mahasiwa komputer dan ikatan mahasiswa teknik komputer melainkan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa yang tertarik dalam pembangunan dan pengembangan software, setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa lebih memiliki keterampilan dalam software develop
HIMPUNAN ALUMNI
Program Studi Sistem Komputer memiliki himpunan alumni bernama Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Komputer (IKA-FT) yang ditetapkan , dibentuk dan disahkan kepengurusannya pada tahun 2015 melalui Surat Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Komputer No:132/II/FILKOM
STUDIO / LABORATORIUM
ü Lab Pemograman dasar
ü Lab Pemograman Lanjutan
ü Lab Desain Multimedia
ü Lab Jaringan dasar
ü Lab Troublesooting
ü Lab Embeded sistem
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
1) UKM Olah Raga
a. Bola Kaki, latihan bola kaki dilakukan pada setiap hari Rabu dan Jum'at mulai pukul 15.30 s.d 18.00 di lapangan bola kaki UNPAB. Dalam latihan mahasiswa dilatih oleh Pelatih Nasional, dan Assisten Pelatih Selain melakukan latihan rutin, mahasiswa kelompok minat bola kaki juga difasilitasi untuk mengikuti beberapa pertandingan persahabatan baik didalam maupun luar kota. Dalam kelompok minat ini juga diikuti oleh mahasiswa program studi lain.
b. Futsal
Pelaksanaan latihan futsal dilakukan 3 kali seminggu pada setiap hari Senin, Rabu dan jumat di lapangan futsal di UNPAB pada pukul 14.00 s.d 16.00 Dengan adanya tim futsal ini sudah ada beberapa mahasiswa UNPAB untuk di panggil untuk menjadi bagian tim pemain AFP Sumatera Utara.
c. Bola Voli
Pelaksanaan latihan bola voli dilakukan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu di lapangan bola voli UNPAB pada pukul 14.00 s.d 16.00 Dengan adanya kegiatan tim bola voli ini telah dipanggil beberapa orang mahasiswa UNPAB untuk mengikuti pelatihan POMNAS dan PON untuk cabang olah raga bola voli Prov. Sumatera Utara.
2) Ikatan Mahasiswa Komputer (IMAKOM) : Merupakan organisasi yang berada dibawah program studi Sistem Komputer yang terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional sejak tahun 2015 s/d sekarang. dan dibina langsung oleh ketua program studi, kepengurusan IMAKOM diketuai langsung oleh mahasiswa aktif yang diangkat dan di mandatkan untuk memimpin organisasi IMAKOM (SK-Pengangkatan) kemudian secara mutlak
Kepengurusan IMAKOM berada pada tanggung jawab ketua terpilih, dalam pelaksanaannya IMAKOM sering melakukan berbagai macam kegiatan baik dilingkungan kampus sendiri maupun kampus lain. (Dokumen Lengkap Tersedia) berbagai kegiatan yang telah dilakukan IMAKOM yaitu:
a. Workhop IT dan Pemograman
b. Seminar
c. Pameran IT
d. Munas PERMIKOMNAS USADA Jakarta
e. Muswil 1 PEMIKOMNAS UNSAM Langsa
f. Field trip bersama Universitas Sonnkla Thailand
3) UKM Korps Mahasiswa Pencinta Alam (KOMAPAL), mempunyai pelatihan-pelatihan dan kegiatan sebagai berikut :
a. Pendidikan Dasar (Diksar), dilakukan dalam rangka kaderisasi anggota baru. Pada pendidikan dasar ini, mahasiswa calon anggota KOMAPAL dibekali materi berupa wawasan tentang lingkungan khususnya di alam bebas, pembekalan materi tersebut yaitu : tali temali (simpul), panjat tebing, navigasi darat, mountaineering, Ilmu Komputerbertahan hidup dalam hutan dan pertolongan pertama dalam keadaan darurat.
b. Pendidikan lanjutan, suatu kegiatan yang merupakan pendidikan wajib diikuti setiap mahasiswa yang ingin menjadi anggota baru KOMAPAL yang sudah melaksanakan pendidikan dasar. Kegiatan pendidikan ini dilakukan untuk setiap bakat dan minat spesialisasi masing-masing anggota baru yang tergabung. Adapun pendidikan memiliki materi yang di ajarkan sebagai berikut :
- Arung Jeram, suatu kegiatan yang merupakan Ilmu Komputermengarungi sungai dari hulu ke hilir dengan menggunakan alat seperti perahu karet atau sejenisnya.
- Rimba Gunung, suatu kegiatan yang merupakan penelusuran hutan belantara dan mendaki gunung. Dalam pendidikan kegiatan ini melatih pembentukan fisik yang kuat, kemampuan membaca acuan dalam peta dengan benar.
- Susur Gua, suatu kegiatan yang merupakan pengenalan tentang karakteristik gua. Dalam pengetahuan ini diperlukan dalam eksepedisi menyusuri satu daerah ke daerah lain melalui jalur.
- Panjat Tebing, suatu kegiatan yang merupakan cabang olahraga yang mengutamakan Ilmu Komputerkelenturan, kekuatan, kecerdikan serta keterampilan baik menggunakan peralatan maupun tidak dalam mengolah dan menyiasati curamnya tebing.
(Dokumentasi lengkap tersedia)
4) Usaha Kecil Menengah (UKM) Universitas Kegiatan ini menfasilitasi mahasiswa untuk pengembangan bakat dalam kewirausahaan . Pelaksanan kegiatan ini dilakukan dibawah bimbingan dosen pembimbing UKM Program Studi bersama UKM Universitas. Kegiatan ini berhasil untuk daya saing dan peningkatan kreatifitas mahasiswa dalam berwirausaha dan memotivasi mahasiswa untuk mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM).
5) Kumpulan Anak Seni dan Teater (KUAST), merupakan kumpulan mahasiswa yang tergabung dalam kelompok seni tari, music, dan teater. Dalam pelaksanannya mahasiswa ini sering diikut sertakan dalam kegiatan dan acara yang ada pada program studi dan universitas juga menerima dari universitas lain. Kelompok mahasiswa melakukan latihan menambah kerasi mereka di lapangan mahabento dan panggung orasi setiap hari
6) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (BEM FILKOM): Merupakan organisasi yang berada dibawah program studi Sistem Komputer dan dibina langsung oleh ketua program studi, kepengurusan BEM FILKOM diketuai langsung oleh mahasiswa aktif yang diangkat dan di mandatkan untuk memimpin organisasi BEM FILKOM (SK - Pengangkatan) kemudian secara mutlak kepengurusan BEM FILKOM berada pada tanggungjawab ketua terpilih, dalam pelaksanaannya BEM FILKOM sering melakukan berbagai macam kegiatan baik dilingkungan kampus sendiri maupun kampus lain. (Dokumen Lengkap Tersedia) berbagai kegiatan yang telah dilakukan BEM FILKOM yaitu:
a. Makrab Anggota Baru
b. Penelitian dan Pengabdian Desa Binaan Bagan Deli Belawan
c. Gathering Mahasiswa Reguler
d. Gathering Mahasiswa Karyawan
e. Lomba StratUP IT Phoria Universitas Pasundan Bakti Sosial serta sahur bersama dengan anak panti asuhan Padang Bulan Medan
WORSHOP / SEMINAR
Tahun Ajaran 2016/2017 Program Studi telah melaksanakan Diskusi Ilmiah, Diseminasi Pelatihan, Workshop, Pelatihan, Seminar, Kuliah Umum, Field Trip yakni:
1) Diskusi ilmiah mahasiswa dan dosen dengan pemateri Prof. Dr. Muhammad Zarlis dengan Industri Digital 4.0
2) Workshop dan sosialisasi hak kekayaan intelektual, workshop pengembangan pusat studi dalam meningkatkan income generating, workshop peningkatan akreditasi program studi sistem komputer menuju A dan penguatan pengelolaan manajemen ruang.
3) Pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah, pelatihan penulisan skripsi.
4) Kuliah Umum dengan tema A New Method in Computer Base dengan peserta dosen dan mahasiswa.
5) Fieldtrip ke Kantor Inari Malaysia
KEIKUT SERTAAN KETUA PRODI DI ORGANISASI
- Wakil Ketua Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (IPKIN) tahun 2017 s/d Sekarang
- Anggota APTIKOM 2014 s/d Sekarang
- Asesor Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi
- Pembina Ikatan Mahasiswa Ilmu Komputer (IMAKOM) UNPAB 2015 s/d Sekarang
- Ketua Ikatan Mahasiswa Program Doktor Universitas Sumatera Utara 2016 s/d Sekarang
- Lead Manager Cisco UNPAB pada Cisco Indonesia
- Sekretaris Serikat Tolong Menolong (STM) Komplek Handayani Binjai
- Sekretaris Perwiritan yasin Komplek Handayani Binjai
- Anggota Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Komplek Handayani Binjai
KERJASAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI LUAR NEGRI
ü Kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri. Kerjasama ini dilakukan dengan membuat Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah dirintis UNPAB. MoU yang sudah ada antara lain Universitas Malaysia Perlis (UNIMAP), bentuk kerjasama yang sudah dilakukan adalah pengembangan kualifikasi staff dosen
KERJASAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI DALAM NEGRI
Ø Kerjasama dengan perguruan tinggi dalam negeri. Program Studi Ekonomi Pembangunan berperan aktif sebagai anggota ISEI, IAEI, ADRI
KERJASAMA DENGAN PEMERINTAHAN
v Kerjasama dengan instansi pemerintah (BUMN, Pemprov, Pemkab dan Pemko). Antara lain dengan Bupati Samosir dalam mendukung program Tehnopark Danau Toba, Kabupaten Batu bara dalam pengembangan desa binaan
SARANA PELAYANAN UNTUK MAHASISWA
1. Lapangan Olahraga (Bola Kaki dan Basket)
2. Poliklinik
3. Lapangan Kegiatan
4. Ruang Rapat Bersama
5. Aula Serbaguna
6. Student Advisory Center
7. Ruang Pelatihan Softskill
8. Multi Media
9. Ruang Lembaga Pengembangan Profesi (LPPro)
10. Pusat informasi Bursa Kerja On-Line (BKOL)
11. Pusat Jasa Kerja (PJK)
DATA PENGABDIAN MASYARAKAT
2014 Implementasi Aplikasi Pemrograman Aktifitas Anak Cerdas Untuk Usia 4 Sampai 6 Tahun Menggunakan Adobeflash Cs6
2014 Pelatihan pemanfaatan media penyimpanan online bagi guru dan siswaa pada sekolah SMA Jaya Lestari Serdang Bedagai
2014 Pelatihan pembuatan ujian on-line dengan fasilitas E-Learning pada sekolah SMP Swasta Melati Binjai
2014 pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis E-Learning
2014 Impelementasi sistem pendukung Keputusan Memilih Jurusan Di SMK Menggunakan Metode Fuzzy
2014 Pemanfaatan power pint 2013 sebagai pendukung media pembelajaran yang imajinatif pada sekolah SMP Harum Sentosa Serdang Bedagai
2014 Implementasi Aplikasi Game Anak Cerdas (Puzzle, Susun Kata Dan Pencocokan Gambar) Tingkat Taman Kanak-Kanak Berbasis Multimedia
2014 Pelatihan Editing Video Menggunakan Corel Studio Video pada Sekolah SMK Muhammadiyah 10 Kisaran
2014 Pelatihan Pembuatan Layout Buku Ajar Dengan Adobe In Design Pada Sekolah SMA Swasta Muhammadiyah 08 Kisaran
2014 Workshop Konfigurasi Jaringan Bluethooth Berbasis Arduino untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Dharma Patra Pangkalan Susu
2014 Pelatihan Program Simulasi Jaringan Komputer Untuk Menunjang Pemebelajaran Siswa-Siswi Di SMK Pembangunan Nasional Pangkalan Susu
2014 Pelatihan jaringan CISCO menggunakan CISCO Paket Tracer Pada Siswa TKJ Dharma Patra Pangkalan Brandan
2014 Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra Untuk Menunjang Pencapaian Standar Kompetensi Guru Matematika dan Siswa Pada SMA Dharma Patra Pangkalan Brandan
2014 Pelatihan Tulisan Berjalan (Running Text) Di SMK Muhammadiyah-18 Pangkalan Brandan
2014 Pelatihan Pembuatan Blog dalam Mendukung Proses Pembelajaran Untuk Guru pada Sekolah SMKS NU Al-Ma'arif Pangkalan Brandan
2014 Pelatihan Pembuatan Layout Buku Ajar Dengan Adobe In Design Pada sekolah sma swasta muhammadiyah 08 kisaran
2014 Sistem Pendukung Keputusan perencanaan pembangunan jaringan jalan di kecamatan jangka buya kabupaten pidie jaya
2014 Sistem informasi pendataan gaji honorer pada kantor camat jangka buya kabupaten pidie jaya
2014 aplikasi penjualan obat pada apotik sehat sigli kecamatan sigli kabupaten pidie berbasis web
2014 sistem informasi data pajak pada kantor dinas kebersihan dan pertamanan di kabupaten pidie.
2014 desain dan implementasi pendaftaran siswa baru berbasis web di sma negeri 1 mutiara kabupaten pidie
2014 sistem informasi administrasi kependudukan pada kantor camat peukan baro pada kabupaten pidie
2014 aplikasi penjualan obat pada apotik tanjong sehat kecamatan bandar dua kabupaten pidie jaya berbasis web
2014 Pembuatan Portal Sistem Pembukuan Barang Masuk Dan Barang Keluar Berbasis Web Pada PT. Wika Beton
2014 Pembuatan Aplikasi Game Edukasi Mengenal Waktu Tingkat Sekolah Dasar DenganMenggunakan Adobe Flash Berbasis Multimedia
2014 Perancangan Aplikasi Diagnosa Penyakit Kanker Serviks Menggunakan Metode Certainty Factor
Kualitas Ikan Segar Menggunakan Metode Ripple Menggunakan Metode Algoritma Genetik Pada Down Rule (RDR) Persaingan Minang Plantation
2015 Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Buah Coklat Terbaik Pada PT. Perkebunan Hasfarm Sukokulon Dengan Metode Profile Matching Berbasis Web 2015 Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemeliharaan Material Almatsisfo Di Infolahtadam I/Bukit Barisan Dengan Menggunakan Metode Certanty Factor
2015 Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Guru SD Terbaik Menggunakan Metode SAW
2015 Implementasi Firewall Squid Lusca Linux Ubuntu Dan Hotspot Mikrotik Pada Peningkatan Kualitas Jaringan Internet Di SMP Kesatria Medan
2015 Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Kendaraan Inventaris PT. Midi Utama Indonesia Tbk, Branch Medan Berbasis Web Menggunakan PHP
2015 Implementasi Algoritma K-Means Clustering Pada Data Siswa Berdasarkan Jurusan Yang Di Minati Pada SMKN 2 Binjai
2016 Implementasi Aplikasi Jadwal Dokter Pada Rumah Sakit Permata Bunda Medan Berbasis Android
2016 Implementasi Aplikasi Indonesia Tourism Berbasis Android
2016 Implementasi Sistem informasi Geografis Untuk Menentukan Lokasi dan Spesifikasi Hotel-Hotel Di Medan
2016 Implementasi Website Sistem Informasi Penjualan Emas Secara Online Pada Toko Emas Kurnia Berbasis Web
2016 Implementasi Game Petualangan Mengenal dan Menghindari Penyalahgunaan Napza (Narkotika, Psikotropika Dan Zak Adiktif)
2016 Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Ketersediaan Bahan Bangunan Pada CV. Guna Wijaya Medan Menggunakan Vb. Net 2012 dan MySQL
2016 Implementasi sistem Pendukung Keputusan Penentuan bibit Padi Unggul Menggunakan Metode Topsis Berbasis Web
2016 Implementasi Aplikasi Penerimaan Mitra Kerja Badan Pusat Statistik Kota Medan Untuk Pengentrian Data Penduduk Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL 2016 Implementasi Aplikasi Pembelajaran Dan Game Edukasi Sain Untuk siswa Tingkat Sekolah dasar Kelas 1 Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Flash CS 06
2016 Implementasi Pembuatan Aplikasi Game Edukasi Di Bidang Bahasa Inggris Tinkat Sekolah Dasar Kelas I Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS 06
2016 Implementasi Game Gitachan Jump Menggunakan Construct 2 Berbasis Web
2016 Implementasi Aplikasi Pemrograman Aktifitas Anak Cerdas Untuk Usia 4 Sampai 6 Tahun Menggunakan Adobeflash Cs6
2016 Implementasi Aplikasi Pengolahan Data Perpustakaan Berbasis Web Di Yayasan Pendidikan Bayu Pertiwi Sunggal Menggunakan PHP Dan MySQL
2016 Implementasi Aplikasi Pengolah Data Akademik Berbasis Web Pada Yayasan Pendidikan Bayu Pertiwi Sunggal Dengan PHP Dan MySQL
2016 Implementasi Pengontrolan Lampu Otomatis Dengan Menggunakan Arduino Uno Berbasis Android
2016 Implementasi Sistem Pencarian Restoran Terdekat dengan Metode DIJKSTRA Berbasis Android Di Kotam edan
2016 Implementasi Sistem PengontrolPakan Ikan Melalui Aplikasi Berbasis
Android Menggunakan Arduino Uno
2016 Implementasi Sistem PengontrolPemberi Pakan Ikan Melalui SMS Gateway Menggunakan Arduino Uno
2016 Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Di Desa Tandam Hilir II Kabupaten Deli erdang Berbasis Web
2016 Implementasi Website E-Commers Kopi Aceh Gayo Pada Sada Kop Shop
2016 Implementasi Alat Pendeteksi
Kebakaran Pada Gedung Berbasis Atmega AT89S51
2016 Implementasi Aplikasi Pintar
Bermain Angklung Berbasis Multimedia Dengan Platform Android
2016 Implementasi Pembuatan
Sistem Informasi Data Import Dan
Pengolahan Kulit Hewan Ternak Pada PT. Mahesa Anugrah Medan
2016 Implementasi Sistem Informasi Data Aset Sekolah Pada Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Berbasis Web
2016 Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Multifaktor Evaluation Process (MFEP) Pada Sekolah Dasar 050657 Langkat Berbasis Java
2016 Implementasi Aplikasi Permainan Bingo Dengan Metode Blum-Blum Shub (BBS) Dan Blum Micali Generator (BMG) Menggunakan VB.NET
2016 Implementasi Data Mining Tindak Kejahatan Berdasarkan Faktor Penyebab Menggunakan Metode Clustering
2016 Implementasi Rancangan Media Pengiriman Video Dan Naskah Kontributor TVONE Biro Medan Berbasis Web
2016 Implementasi Web E-Commerce Aksesoris Handphone Pada Toko Kita Seluler menggunakan Framework Openchart Berbasis PHP
2016 Implementasi Sistem Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Penjualan Barang Pada Kurnia Agung Stationary Menggunakan VB. 6.0
2016 Implementasi Aplikasi Monitoring Pemeliharaan Berkala Truk Pada PT. Serdang Hulu
2016 Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Izin Pada Mini Market Alfamart Dan Alfamidi Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Berbasis Web
2016 Implementasi Pengamanan Basis Data Pegawai Bagian Administrasi Pada SMK Putra Anda Binjai Menggunakan Metode Enkripsi MD5
2016 Implementasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Kriptografi Klasik Dan Modern Berbasis Web
2016 Implementasi Dasboard Pelaksanaan Penyelesaian Callback Center Berbasis Web
2016 Implementasi Pencarian Jalur Terdekat Dalam Distribusi Barang Elektronik Pada CV Rita Wija Di Kota Binjai Menggunakan Metode Djikstra
2016 Implementasi Metode SAW Untuk Memprediksi Pemberian Bantuan Kepada UKM
2016 Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)
2016 Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Sanksi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Dengan Menggunakan Metode Smarter
2016 Implementasi Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Insetif Pada PT. Semadam Menggunakan Metode SAW
2016 Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Guru Pada Sekolah Dasar Negri 105283 Dengan Metode Weight Product Berbasis Java
2016 Sistem Pendukung Pemilihan Smartphone Terbaik Untuk Konsumen Dengan Metode Profile Machine
2016 Aplikasi Kamus Muslim Berbasis Android
2016 Aplikasi Perpustakaan Sekolah Mts Swasta Nurul Fauzi Stabat Berbasis WEB
2016 Sistem Pendudung Keputusan Untuk Menentukan Cara Mengajari Anak Membaca Sebelum Masuk Sekolah Menggunakan Cumulative Voting
2016 Pembuatan Aplikasi Game Asah Ingatan Dalam Memperkenalkan Bentuk-Bentuk Tingkat Taman Kanak-Kanak
2016 Aplikasi Media Pembelajaran Mengenal Islam Tingkat Anak Usia Dini Berbasis Desktop Dengan Adobe Flash
2016 Pembuatan Aplikasi Belajar Berbasis Desktop Dalam Mengenalkan Budaya Indonesia
2016 Sistem Informasi Nilai Mahasiswa Berbasis Web Pada Sekolah SMA Swasta Primbana
2016 Implementasi Metode Brown Gibson Untuk Pemilihan Lokasi Kafe Jus Kuphi Medan
2016 Implementasi Fuzzy Inference system Metode Tsukamoto Pada Pengmabilan Keputusan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah
2016 Implementasi Metode Naive Bayesian Untuk Memprediksi Hasil Sepakbola Indonesian Soccer Championship
2016 Implementasi Algoritma Dynamic Markov Compression (DMC) Dalam Kompresi File Dokumen
2016 Sistem Informasi Geografis Masjid Di Wilayah Kota Medan Menggunakan Quantum Gis
2016 Pembangunan Aplikasi Perhitungan Total Insentif Terhadap Pencapaian Sales Marketing Pada PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia
2016 Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa/i Baru Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL (Studi Kasus: SDN 060887)
2016 Sistem Informasi Aplikasi E -Recruitment Lowongan Kerja Online
2016 Implementasi Sistem Pakar Untuk Menentukan Mutu Ikan Nike Pada PT. Bintang Sejahtera Stabat
2016 Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weight Product Berbasis Java Pada Fakultas Ilmu Komputer Panca Budi Medan
2016 Implementasi Metode Smarter Dalam Pemilihan Dosen Pembimbing Berbasis Dekstop Pada Program Studi Komputer
2016 Aplikasi Kepegawaian Di Kantor Camat Medan Helvetia
2016 Media Pembelajaran Dan Bermain Menggenali Anggota Badan Dan Fungsinya Bagi Anak TK
2016 Implementasi Metode Smarter Untuk Pemilihan Mobil Bekas
2016 Perancangan Sistem Informasi Pembelian, Penjualan Dan Persediaan Pada PT.Golden Betenut Medan
2016 Sistem Informasi Penggajian Pegawai Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara
2016 Rancang Bangun Aplikasi Pengendali Kunci Rumah Dengan Arduino Uno R3 Berbasis Android
2016 Sistem Pendukung Keputusan enentukan Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Wighting (SAW)
2016 Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Distributor Biji Kopi Sebagai Bahan Dasar Pada PT. Arvis Sanada Sanni Indonesia Menggunakan Metode Weighted Product (WP)
2016 Sistem Informasi Pendudukan Di Desa Halaban Kec. Besitang Kab. Langkat
2016 Game Fuzzle Matematika Untuk Membantu Anak-Anak Dalam Masalah Berhitung
2016 Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Client Server
2016 Sistem Pendukung Kredit Usaha Rakyat Pada Bank Sumut Cabang Tandem
2016 Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Pada Siswa SMA Kampus FKIP Nommensen Dengan Menggunakan Metode AHP
2016 Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mengetahui Jenis Kecerdasan Pada anak Berbasis WEB Menggunakan Metode Forward Chaining
2016 Sistem Pengelolaan Data Pegawai Berbasis Dekstop Pada Kantor Pelayanan Perijinan Kabupaten Karo
2016 Sistem Informasi Penggajian Pegawai Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa Kabupaten Karo
2016 Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pelamar Kerja Posisi Bancassurance Specialist PT. BNI Life Menggunakan Metode AHP
2016 Implementasi Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Raport Online Berbasis Web Pada SD Swasta Budi Setia
2016 Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Memilih Jurusan Di SMK Menggunakan Metode Fuzzy